Benarkah Susu Formula Bikin Bayi Gemuk?

Benarkah Susu Formula Bikin Bayi Gemuk?
Benarkah Susu Formula Bikin Bayi Gemuk? Ada beberapa ibu mungkin tidak bisa memberikan ASI atau menyusui secara eksklusif lantaran berbagai alasan. Oleh sebab itu, banyak ibu mengganti ASI dengan susu formula. Tetapi banyak yang bilang bahwa susu formula bisa membuat bayi gemuk. Benarkah hal ini?
Karena dilansir dari New Parent, penelitian yang dimuat dalam jurnal American Chemical Society Journal of Proteome Research tahun 2013, memberikan susu formula pada bayi bisa meningkatkan risiko obesitas dan risiko penyakit kronis lainnya saat ia dewasa.
Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa memberi susu formula dapat memicu stres metabolik pada bayi, yaitu kondisi di mana senyawa kimiawi tidak seimbang sehingga secara negatif mempengaruhi proses diubahnya makanan menjadi energi. Hal ini tidak terjadi ketika bayi mendapatkan ASI.
Bukan hanya itu, bayi yang diberi susu formula juga memiliki kadar gula darah dan insulin tinggi sehingga lebih rentan mengalami diabetes, obesitas dan bahkan penyakit jantung. Kadar bakteri baik di sistem pencernaan juga tidak seimbang sehingga rentan mengalami masalah pencernaan.
Sementara itu, penelitian menunjukkan bahwa pemberian susu formula sangat mempengaruhi sistem metabolik dalam perkembangan dan kesehatan bayi bahkan efeknya terus terjadi sampai ia tumbuh besar.
Tetapi tentu saja, tidak kemudian semua anak punya potensi yang sama dan berpotensi mengalami kegemukan, karena gaya hidup yang sehat setelah menyusui juga memberi pengaruh pada kesehatan anak.
Jadi bisa disimpulkan bahwa pemberian ASI itu sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

BPJS Kesehatan Indonesia Raih 9 Penghargaan Internasional

Solusi Atasi Insomnia Yang Enggak Bikin Ribet

Menyehatkan Sistem Pencernaan Dengan Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur